PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POPSOT (POLYA’S PROBLEM SOLVING TECHNIQUE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI ELASTISITAS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

NUR HIDAYAH, MAULIDINA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POPSOT (POLYA’S PROBLEM SOLVING TECHNIQUE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI ELASTISITAS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (62kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
lembar penguji.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Maulidina Nur Hidayah. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POPSOT (POLYA’S PROBLEM SOLVING TECHNIQUE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI ELASTISITAS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar serta kemampuan menganalisis siswa pada mata pelajaran fisika pada materi elastisitas berdasarkan studi pendahuluan oleh guru. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti adalah dengan menerapkan model pembelajaran POPSOT (Polya's Problem Solving Technique). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran POPSOT (Polya's Problem Solving Technique) terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 33 dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30. Model pembelajaran yang digunakan dikelas eksperimen yaitu model pembelajaran POPSOT (Polya’s Problem Solving Technique) dan Direct Instruction sebagai model dikelas kontrol. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, dilakukan tes sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest) dalam bentuk uraian dengan jumlah soal sebanyak 12 soal pada materi elastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji-t). Hasil pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 25 didapatkan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi (α = 0,05) menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran POPSOT (Polya’s Problem Solving Technique) diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:09
Last Modified: 15 Feb 2023 08:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8620

Actions (login required)

View Item View Item