PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Erosi di Kelas X SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya)

Furqoni, Rifqi Abdul Basith (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Erosi di Kelas X SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (137kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan dan Pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar.pdf

Download (134kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (80kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (76kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (62kB)
[img] Text
10. Bab I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
11. Bab II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
12. Bab III.pdf

Download (549kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

ABSTRAK RIFQI ABDUL BASITH FURQONI 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Hubungannya Dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Erosi di Kelas X SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya yang diketahui dari proses belajar yang kurang interaktif serta didominasi sebagian siswa yang menyebabkan rendahnya perolehan nilai pada Mata Pelajaran Geografi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan model problem based learning pada materi erosi di kelas X SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya? (2) Bagaimanakah hubungan antara model pembelajaran problem based learning dengan peningkatan hasil belajar siswa di kelas X SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Studi Literatur, dan Tes. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 orang dengan teknik pengambilan berupa simple random sampling. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik berupa t�test. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji instrumen, yaitu uji validitas dab uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa langkah�langkah pelaksanaan pembelajaran problem based learning pada Mata Pelajaran Geografi materi erosi pada siswa kelas X SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya yaitu: menjelaskan tujuan pembelajaran, mengondisikan siswa untuk berdiskusi, mengorganisasikan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, mengembangkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah, dan memberi nilai. Model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Geografi materi erosi pada siswa kelas X di SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, yaitu semakin baik penggunaan model pembelajaran problem based learning, maka semakin tinggi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:27
Last Modified: 15 Feb 2023 04:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8605

Actions (login required)

View Item View Item