IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI RENAISSANCE DAN MERKANTILISME KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2022 / 2023

SYIPA, ILYA AINUR (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI RENAISSANCE DAN MERKANTILISME KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2022 / 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR DAN LAMPIRAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK iv ILYA. 2023. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI RENAISSANCE DAN MERKANTILISME KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2022 / 2023. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Renaissance dan Merkantilisme Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022 / 2023. Pendekatan yang digunakan melalui pendekatan kualitatif metode deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data melalui triangulasi metode terdiri dari observasi, wawancara dan Dokumentasi. Subjek pada penelitian ini guru mata pelajaran sejarah dan siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tasikmalaya dan Objek penelitian Implementasi Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan tahun ajaran 2022 / 2023. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis data model Miles & Huberman yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian data, Kesimpulan. Hasil penelitian adalah pada Tahap perencanaan guru sebagai fasilitator menyiapkan RPP, RPP terdiri dari 3 tahap yaitu pendahuluan, Kegiatan inti dan penutup. Kegiatan pendahuluan yang dilaksanakan oleh guru digunakan untuk melakukan pengkondisian kelas seperti menanyakan kabar siswa untuk mengetahui kondisi psikis dan fisiknya. Tahap pelaksanaan pembelajaran atau yang tertuang dalam RPP pada kegiatan inti guru membimbing siswa untuk melakukan investigasi dan pemecahan masalah melalui diskusi kelompok. Guru membagi siswa ke dalam 6 kelompok belajar, setiap kelompok diberikan bahan pembelajaran melalui kabar berita yang telah dicetak ulang. Siswa diminta untuk memberikan analisisnya terhadap uraian soal yang telah diberikan. Hasil analisis yang telah disediakan kemudian dipresentasikan di depan kelas. Guru sebagai fasilitator pembelajaran pada akhir pembelajaran memberikan evaluasi terhadap apa yang telah disajikan siswa sekaligus melakukan kegiatan penutup pembelajaran. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Pembelajaran jarak jauh, Pembelajaran berbasis Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:37
Last Modified: 14 Feb 2023 03:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8567

Actions (login required)

View Item View Item