PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

ANGGIANI, ANGGIANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Anggiani. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika. Hal tersebut dilihat dari hasil persentase rata-rata keterampilan proses sains sebesar 31,25% pada kategori kurang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran REACT yang menekankan pada pengalaman langsung dalam belajar sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran REACT terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas. Metode pada penelitian ini adalah quasi experiment, desain penelitian posttest only control design serta teknik pengambilan sampel berupa cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran REACT diperoleh nilai 4,49 > 2,385 dengan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Feb 2023 06:58
Last Modified: 13 Feb 2023 06:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8538

Actions (login required)

View Item View Item