EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH KARAKTERISTIK UNSUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN NASKAH DRAMA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya Semester 2 Tahun Ajaran 2021/2022)

Sundawati, Leti (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH KARAKTERISTIK UNSUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN NASKAH DRAMA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya Semester 2 Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_LETI SUNDAWATI 182121013.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

ABSTRAK Leti Sundawati. 2022, Efektivitas Penerapan Model Quantum Learning dalam Pembelajaran Menelaah Karakteristik Unsur dan Kaidah Kebahasaan serta Menyajikan Naskah Drama (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya Semester 2 Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan naskah drama merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Agar tercapai tujuan pembelajaran yang efektif serta memaksimalkan tuntutan kurikulum, guru diharuskan menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan efektivitas model Quantum Learning dalam pembelajaran menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan teks drama pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022, (2) mendeskripsikan efektivitas model Quantum Learning dalam pembelajaran menyajikan teks drama dalam bentuk naskah sesuai dengan karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan teks drama pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik wawancara dan teknik tes dengan populasi kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen (kelas VIII E) dengan menggunakan model Quantum Learning pada Kompetensi Dasar 3. 16 mencapai nilai 86,60 dan Kompetensi Dasar 4.16 mencapai nilai 88,15. Sedangkan hasil nilai di kelas kontrol (Kelas VIII D) yang tidak menggunakan model Quantum Learning pada Kompetensi Dasar 3. 16 mencapai nilai 65,78 dan Kompetensi Dasar 4.16 mencapai nilai 69,36. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa W-hitung = 0 < W-tabel = 136,34 dalam taraf signifikansi 0,01. Artinya model pembelajaran Quantum Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan teks drama serta menyajikan teks drama dalam bentuk naskah pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Feb 2023 09:03
Last Modified: 10 Feb 2023 09:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8508

Actions (login required)

View Item View Item