PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN POWEROINT DAN FLIP PDF CORPORATE PADA MATERI ALAT OPTIK

RAMADHAN, GALIH (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN POWEROINT DAN FLIP PDF CORPORATE PADA MATERI ALAT OPTIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (54kB)
[img] Text
7. DAFTAR DAFTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (748kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (200kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)

Abstract

ABSTRAK Galih Ramadhan. 2023. PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN POWERPOINT DAN FLIP PDF COORPORATE PADA MATERI ALAT OPTIK E-Modul dikemas sedemikian rupa untuk membantu dalam proses pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan E-Modul berbasis model pembelajaran Discovery Learning menggunakan Powerpoint dan Flip Pdf Coorporate pada materi Alat Optik. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data meggunakan wawancara kepada satu guru fisika SMA Negeri 1 taraju, angket uji validitas kepada tiga ahli, angket kepraktisan kepada 64 siswa SMA Negeri 1 Taraju dan satu guru fisika SMA Negeri 1 Taraju. Data dianalisis dengan cara kualittatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil wawancara serta saran dan komentar dari validator, sedangkan data kuantitatif berupa penilaian validator, guru, dan siswa menggunakan skala likert pada angket kevalidan dan kepraktisan e-modul. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase validasi ahli materi sebesar 81% dengan kriteria sangat valid. Persentase validasi ahli media sebesar 82% dengan kriteria sangat valid. Persentase validasi ahli bahasa sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan siswa mendapatkan hasil persentase 85% sedangkan hasil uji kepraktisan guru mendapatkan persentase 89% dengan kategori sangat praktis. E-Modul berbasis model pembelajaran Discovery Learning menggunakan Powerpoint dan Flip Pdf Coorporate pada materi Alat Optik yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Alat Optik, E-modul, Flip Pdf Coorporate, Powerpoint.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:48
Last Modified: 10 Feb 2023 03:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item