HAKIM, NUNI RAHVIANI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (231kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (198kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (112kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (294kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (434kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
ABSTRAK NUNI RAHVIANI HAKIM. 2022. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA (STUDI QUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra Hj. Heti Suherti, M.Pd., dan Raden Roro Suci Nurdianti, S.Pd., M.Pd. Latar belakang penelitian ini terjadi dikarenakan masih banyaknya hasil belajar peserta didik SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan terkhusus pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi dari penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajran ekonomi di SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan selama 5 minggu yang di dalamnya terdapat pelaksanaan Pre-Test di minggu ke-1, Post-Test di minggu ke-5 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. selanjutnya di minggu ke-2, minggu ke-3, dan minggu ke-4 dilakukan pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen yang diberikan treatments dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan model pembelajaran Konvensional di kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan waktu dan kondisi yang diberikan oleh sekolah sehingga kelas yang di pilih yaitu XI IPS 1 dan XI IPS 3 yang terdiri dari 72 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dilihat dari nilai rata- rata post-test kelas eksperimen sebesar 86.358 dan nilai N-Gain sebesar 0.65. berdasarkan perhitungan SPSS V.26. nilai Sig.2-tailed adalah 0.000 < 0.05. Keefektifan model pembelajaran Cooperative Script dari perhitungan effect-size diperoleh 0.857 atau 85.7% masuk kategori tinggi. Kata Kunci : Cooperative Script, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 04:07 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 04:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8487 |
Actions (login required)
View Item |