PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Rusmayanti, Sri (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3 Lembar Pernyataan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4 Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
5 Kata Pengantar.pdf

Download (297kB)
[img] Text
6 Daftar isi.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Rusmayanti, 2022. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write. (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun pada kenyataannya, peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 masih banyak yang tidak mencapai KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 dalam mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu dalam aspek pengetahuan mengidentifikasi informasi teks laporan hasil observasi terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 14 orang (44%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 18 orang (56%). Pada aspek keterampilan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 7 orang (22%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 25 orang (78%). Kemudian saat siklus kedua, dari aspek pengetahuan maupun keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 32 orang berhasil mencapai KKM (100%). Hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi pada siklus kesatu dan siklus kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01), berdasarkan hal tersebut hipotesis tindakan penelitian yang penulis rumuskan diterima. Artinya, model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Feb 2023 00:33
Last Modified: 10 Feb 2023 00:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8409

Actions (login required)

View Item View Item