ANALISIS PREFERENSI PENGGUNAAN JASA FOTO PREWEDDING DI KOTA TASIKMALAYA

NURIHSAN, AZIZ (2019) ANALISIS PREFERENSI PENGGUNAAN JASA FOTO PREWEDDING DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI AZIS NURIHSAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di zaman teknologi yang semakin maju ini pasangan calon pengantin selalu membuat undangan pernikahan, dan undangan pernikahan ini memiliki banyak bentuk dan variasi, seperti adanya foto kedua mempelai (foto prewedding), akhir-akhir ini di kota Tasikmalaya mulai marak dengan bisnis foto prewedding, banyak studio foto maupun fotografer perorangan berlomba-lomba dalam persaingan bisnis foto prewedding ini, dengan konsep yang meniru gaya ala ke barat-baratan seperti pose menggenggam tangan, memeluk, bahkan mencium satu sama lain. Hal ini menuai banyak pertanyaan bagi masyarakat muslim Tasikmalaya yang di kenal dengan kota santri, dengan begitu dapat dikatakan kegiatan bisnis foto prewedding ini mendekati unsur-unsur zina. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana preferensi konsumen kota Tasikmalaya mengenai pelaksanaan foto prewedding. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana preferensi konsumen kota Tasikmalaya mengenai foto prewedding. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang akurat, pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi dan melalui wawancara mendalam kepada informan dalam penelitian ini yaitu konsumen pengguna jasa foto prewedding di Studio foto/fotografer yang ada di Kota Tasikmalaya. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka, jurnal- jurnal penelitian dan gambaran umum objek penelitian. Untuk teknis analisis data dari penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menerangkan bahwa konsumen tetap menggunakan jasa foto prewedding, mereka menyatakan bahwa foto prewedding merupakan suatu trend/gaya hidup (Faktor Pribadi). Faktor lain yang mendorong konsumen untuk menggunakan jasa foto prewedding yaitu Faktor Budaya. Di zaman yang semakin modern ini produk-produk elektronik ataupun teknologi sudah menjadi sebuah budaya di masyarakat, adanya smartphone dan internet dapat memudahkan konsumen untuk mengirim undangan pernikahan dari hasil foto prewedding tersebut, oleh karena itu hal ini dapat mendorong konsumen untuk mengikuti trend yang ada di masyarakat terutama foto prewedding, dengan demikian faktor pribadi dan faktor budaya saling berhubungan dalam keputusan penggunaan jasa foto prewedding yang dilakukan oleh konsumen. Kata kunci : Preferensi Konsumen, Foto Prewedding

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:33
Last Modified: 10 Sep 2019 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item