Herlina, Ely (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Nurul Huda Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Halaman Cover.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (146kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (214kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (233kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (18kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (9kB) |
|
Text
8. Dagtar Gambar.pdf Download (4kB) |
|
Text
9. Dagtar Grafik.pdf Download (4kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (5kB) |
|
Text
11. Bab I.pdf Download (157kB) |
|
Text
12. Bab II.pdf Download (281kB) |
|
Text
13. Bab III.pdf Download (199kB) |
|
Text
14. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
16. Daftat Pustaka.pdf Download (13kB) |
|
Text
17. Daftat Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
18. Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Ely Herlina. 2022. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Meringkas Isi Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Nurul Huda Tahun ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun berdasarkan hasil wawancara penulis, peserta didik kelas VIII SMP Islam Nurul Huda masih banyak yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Time Token. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Time Token meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran Time Token. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi terdapat 14 orang peserta didik (58,3%) yang belum mencapai KKM 10 orang peserta didik (41,7%) yang sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi semua peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi terdapat 13 orang peserta didik (54,1%) yang belum mencapai KKM 11 orang peserta didik (45,9%) yang sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua dalam pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi semua peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa W (hitung) (0) < W (tabel) dalam taraf signifikansi 0,05. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Nurul Huda. Artinya, Hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 00:31 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 00:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8383 |
Actions (login required)
View Item |