HUBUNGAN SELF CONCEPT DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

RAHMAHSARI, DINDA AFIFAH (2023) HUBUNGAN SELF CONCEPT DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (812kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK DINDA AFIFAH RAHMAHSARI, 2023. HUBUNGAN SELF CONCEPT DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Hasil belajar peserta didik dapat menjadi salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah yang tidak terlepas dari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar tersebut. Contoh faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah self concept dan minat belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self concept dan minat belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi kelas X MIPA 1 – X MIPA 4 tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 137 orang. Sampel yang digunakan adalah X MIPA 4 sebanyak 33 orang menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan hasil pertimbangan dan rekomendasi guru biologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner self concept sebanyak 21 pernyataan dan kuesioner minat belajar sebanyak 32 pernyataan. Data hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi diperoleh dari skor PAS. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji korelasi product moment dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan self concept dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,375 pada kategori rendah, terdapat hubungan minat belajar dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,403 pada kategori sedang serta terdapat hubungan self concept dan minat belajar dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,426 pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara self concept dan minat belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Kata kunci: Self concept, minat belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2023 00:49
Last Modified: 08 Feb 2023 00:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8377

Actions (login required)

View Item View Item