PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Terpadu Riyadlussalam Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Anas, Ridwan (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Terpadu Riyadlussalam Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (67kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
4. KATA PNGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (572kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Ridwan Anas. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Dan Meringkas Isi Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Think Talk Write (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Terpadu Riyadlussalam Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pembelajaran mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi yang mengimplementasikan kurikulum 2013 masih memiliki banyak kendala diantaranya adalah peserta didik kerap kali hanya menjiplak pekerjaan teman tanpa memahami terlebih dahulu. Kurangnya minat membaca pemahaman peserta didik menjadi faktor sulitnya peserta didik dalam memahami teks eksplanasi. Selain itu penggunaan model yang kurang inovatif dan aktif juga menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Karena itu, penulis melakukan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajara Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas teks eksplanasi peserta didik kelas VIII A SMP Islam Terpadu Riyadlussalam Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini berjenis Peneletian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik deskriptif kualitatif, pengambilan data peneletian menggunakan prosedur perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII A SMP Islam Terpadu Riyadlussalam Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 mengalami peningkatan, terbukti pada siklus I pada kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi terdapat 7 orang peserta didik (32%) yang belum mencapai KKM dan 15 orang peserta didik (68%) yang sudah mencapai KKM dan pada kemampuan meringkas teks eksplanasi terdapat 9 orang peserta didik (49,9%) yang belum mencapai KKM dan 13 orang peserta didik (59,1%) yang sudah mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II seluruh Peserta didik (100%) telah mampu mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:02
Last Modified: 07 Feb 2023 07:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8366

Actions (login required)

View Item View Item