EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII MTs Nahdlatul Ulama Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Fitriyani, Feni (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII MTs Nahdlatul Ulama Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (230kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (390kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf

Download (346kB)
[img] Text
5. Bab 1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
6. Bab 2.pdf

Download (538kB)
[img] Text
7. Bab 3.pdf

Download (644kB)
[img] Text
8. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Feni Fitriyani. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair and Share Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII MTs Nahdlatul Ulama Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) merupakan kompetensi dasar yang harus dipelajari oleh peserta didik kelas VII SMP/MTs berdasarkan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair and Share terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VII MTs Nahdlatul Ulama Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian peserta didik kelas VII B berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan nilai rata-rata pretest ke nilai ratarata postest. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 57 dan nilai rata-rata postest sebesar 75,39 dalam kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 53,87 dan nilai rata-rata postest sebesar 75,26 dalam kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi. Nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 50,52 dan nilai rata-rata postest sebesar 62,43 dalam kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi. Nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 46,48 dan nilai rata-rata postest sebesar 60,48 dalam kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi. Hasil uji wilcoxon dengan menggunakan SPSS 25 diperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa, model pembelajaran Think Pair and Share efektif digunakan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII MTs Nahdlatul Ulama Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Feb 2023 00:59
Last Modified: 07 Feb 2023 00:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8326

Actions (login required)

View Item View Item