PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X IPA MA-YIA Panembong)

FIRDAUS, FIRDA MAULIDA (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X IPA MA-YIA Panembong). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam penerapan model pembelajaran fisika dan rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam materi momentum dan impuls. Upaya mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan di MA-YIA Panembong yang berlokasi di Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya pada bulan September sampai bulan Oktober 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling yang terdiri dari kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal uraian (essay) dan instrumen nontes berupa lembar observasi keterlaksanaan model project based learning. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap data posttest dengan menggunakan uji t hitung didapatkan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, penerapan model project based learning terbukti berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika materi momentum dan impuls. Lembar keterlaksanaan model project based learning secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata nilai presentase sebesar 95%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran peneliti konsisten menerapkan sintaks model Project Based Learning. Kata kunci: Berpikir, Keterampilan, Kreatif, Model, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:04
Last Modified: 24 Jan 2023 08:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item