PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SCRATCHPADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

NURJAMAN, CECEP ALI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SCRATCHPADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN DAN LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (544kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK CECEP ALI NURJAMAN. 2022. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SCRATCH PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan bahan ajar berbasis Scratch pada materi segitiga dan segiempat dan mengetahui respon peserta didik dalam penggunaannya. Bahan ajar di dalamnya terdapat materi, contoh soal, latihan soal dan quiz. Metode yang digunakan yaitu metode Reseach & Development (R&D) dengan model Analyze, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan lembar validasi yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media, angket respon untuk peserta didik. Hasil penelitian ini berupa produk bahan ajar berbasis Scratch pada materi segitiga dan segiempat yang sudah divalidasi dan layak digunakan serta dapat diakses melalui media smartphone, tablet, komputer dan laptop. Berdarkan hasil validasi yang dilakukan, hasil validasi ahli materi memperoleh nilai persentase (%) sebesar 89,28% dengan kriteria”Sangat Valid/Sangat Layak” dan validasi ahli media memperoleh nilai persentase (%) sebesar 85% dengan kriteria” Sangat Valid/Sangat Layak”. Uji coba kelompok kecil (uji terbatas) yang diberikan kepada 10 peserta didik kelas VII A SMPN 1 Bojongasih terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis Scratch pada materi segitiga dan segiempat menghasilkan rata – rata sebesar 90,73% dengan kategori sangat menarik dan angket diberikan kepada 32 peserta didik kelas VII A SMPN 1 Bojongasih pada kelompok besar diperoleh rata – rata sebesar 93,93% dengan kategori sangat menarik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Scratch pada materi segitiga dan segiempat yang dikembangkan ini layak dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Scratch, Segitiga dan Segiempat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:08
Last Modified: 09 Jan 2023 08:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8127

Actions (login required)

View Item View Item