NURJAMAN, CECEP ALI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SCRATCHPADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (84kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (117kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN DAN LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (544kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (294kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK CECEP ALI NURJAMAN. 2022. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SCRATCH PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan bahan ajar berbasis Scratch pada materi segitiga dan segiempat dan mengetahui respon peserta didik dalam penggunaannya. Bahan ajar di dalamnya terdapat materi, contoh soal, latihan soal dan quiz. Metode yang digunakan yaitu metode Reseach & Development (R&D) dengan model Analyze, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan lembar validasi yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media, angket respon untuk peserta didik. Hasil penelitian ini berupa produk bahan ajar berbasis Scratch pada materi segitiga dan segiempat yang sudah divalidasi dan layak digunakan serta dapat diakses melalui media smartphone, tablet, komputer dan laptop. Berdarkan hasil validasi yang dilakukan, hasil validasi ahli materi memperoleh nilai persentase (%) sebesar 89,28% dengan kriteria”Sangat Valid/Sangat Layak” dan validasi ahli media memperoleh nilai persentase (%) sebesar 85% dengan kriteria” Sangat Valid/Sangat Layak”. Uji coba kelompok kecil (uji terbatas) yang diberikan kepada 10 peserta didik kelas VII A SMPN 1 Bojongasih terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis Scratch pada materi segitiga dan segiempat menghasilkan rata – rata sebesar 90,73% dengan kategori sangat menarik dan angket diberikan kepada 32 peserta didik kelas VII A SMPN 1 Bojongasih pada kelompok besar diperoleh rata – rata sebesar 93,93% dengan kategori sangat menarik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Scratch pada materi segitiga dan segiempat yang dikembangkan ini layak dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Scratch, Segitiga dan Segiempat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 08:08 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 08:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8127 |
Actions (login required)
View Item |