ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKPOSISI DALAM KORAN KOMPAS SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI DI KELAS X

Arofah, Demina Siti (2021) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKPOSISI DALAM KORAN KOMPAS SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI DI KELAS X. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (269kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Demina Siti Arofah, 2021. Analisis Struktur Dan Kebahasaan Teks Ekposisi Dalam Koran Kompas Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Eksposisi Di Kelas X. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menganalisis truktur dan kebahasaan teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas X berdasarkan kurikulum 2013 Revisi. Penelitian ini bertujuan mengetahui keseuaian kriteria bahan ajar berbasis teks eksposisi dari aspek struktur dan kaidah kebahasaan serta tingkat keterbacaan sebagai alternatif bahan pembelajaran Bahasa Indonesia pda siswa kelas X. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analitik. Subjek penelitian adalah struktur, kaidah kebahasaan dan kesesuaian tingkat keterbacaan dan kriteria bahan pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah teks eksposisi yang bersumber dari luar buku teks. Instrumen analisis kesesuaian bahan ajar menggunakan tabel instrumen analisis struktur, kaidah kebahasaan, perhitungan grafik fry dan kesesuain kriteria bahan ajar. Proses validasi keseuaian bahan ajar dilakukan guru sebagai responden angket kesesuaian teks eksposisi sebagai alternatif bahan pembelajaran. Hasil dari validasi instrumen analisis dan perhitungan tingkat keterbacaan dijadikan sebagai dasar untuk menguji hasil analisis teks eksposisi pada siswa dan sebagai dasar untuk validasi kriteria bahan ajar. Data hasil validasi terhadap analisis teks eksposisi diolah dengan menggunakan analisis deskriptif, dari data tersebut hasil penelitian menunjukan bahwa analisis teks eksposisi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan sebagai alternatif bahan ajar setelah divalidasi sudah memenuhi kriteria bahan ajar. Hasil penelitian analisis teks eksposisi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan secara umum mendapatkan rata-rata skor 4 atau “Sangat baik”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:40
Last Modified: 06 Jan 2023 03:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8101

Actions (login required)

View Item View Item