PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN PHET SIMULATIONS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GERAK PARABOLA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

HASANUDIN, RIZA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN PHET SIMULATIONS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GERAK PARABOLA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (32kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (566kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf

Download (644kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (504kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (511kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)
[img] Text
12. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Riza Hasanudin. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN PHET SIMULATIONS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GERAK PARABOLA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMAN 10 Tasikmalaya. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan PhET Simulations, sesuai dengan karakteristik pembelajaran IPA yang menekankan pada proses penemuan (inquiry) konsep sehingga muncul sikap ilmiah pada siswa yang memungkinkan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan PhET Simulations terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gerak parabola dikelas X SMAN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. PhET Simulations dipilih sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahanan kurangnya peralatan praktikum di sekolah agar kegiatan praktikum tetap dapat dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 15 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan tenik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Tes yang dilakukan berupa posttest dengan soal yang diberikan sebanyak 10 soal esai dengan masing-masing soal terdapat 8 pertanyaan berdasarkan indikator pemecahan masalah. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (α=0,05) menunjukan bahwa setelah diterapkanya model Guided Inquiry berbantuan PhET Simulations diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:35
Last Modified: 06 Jan 2023 03:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item