PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTS Negeri 6 Tasikmalaya)

MAHABATILAH, DEDE SANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTS Negeri 6 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
03 SURAT KETERANGAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
04 SURAT KEASLIAN KARYA ILMIAH (SKRIPSI).pdf

Download (63kB)
[img] Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
07 BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
08 BAB 2.pdf

Download (389kB)
[img] Text
09 BAB 3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK DEDE SANI MAHABATILAH. 2022. PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan self efficacy peserta didik menggunakann model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Data dari penelitian ini diambil dari pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis yang dilakukan pada kelas eksperimen untuk mendapatkan skor tes kemampuan komunikasi matematis dan diambil dari angket self efficacy yang dilakukan sesudah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk mendapatkan skor angket self efficacy. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTS Negeri 6 Tasikmalaya tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 346 orang dengan sampel yang digunakan yakni kelas VIII C yang berjumlah 32 orang dengan rincian 16 orang peserta didik laki-laki dan 16 orang peserta didik perempuan. Pemilihan sampel ini dipilih dengan teknik simple random sampling atau pemilihan secara acak. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self efficacy. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkat signifikan dengan nilai thitung sebesar 2 dan self efficacy peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tergolong kriteria sedang. Kata kunci: Kemampuan komunikasi Matematis, Model Problem Based Learning (PBL), Self Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:00
Last Modified: 05 Jan 2023 08:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item