PUSPASARI, NOVI SUCI (2022) PENGARUH CONCEPT MAPPING BERBANTUAN CMAPSTOOLS TERHADAP LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 1 Parigi Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVAR.pdf Download (47kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (340kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (320kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (678kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (338kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf Download (340kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (223kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (224kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (368kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (724kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK NOVI SUCI PUSPASARI, 2022. Pengaruh Concept Mapping berbantuan CmapsTools Terhadap Literasi Sains dan Keterampilan Komunikasi Peserta didik Pada Materi Sistem Respirasi (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 1 Parigi Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Media pembelajaran dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran pada era kemajuan teknologi. Concept mapping berbantuan cmapstools merupakan salahsatu software yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan abad 21 diantaranya literasi sains dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh concept mapping berbantuan cmapstools terhadap literasi sains dan keterampilan komunikasi peserta didik pada materi sistem respirasi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Parigi. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 1 Parigi sebanyak 7 kelas dengan jumlah peserta didik 255 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, kelas XI MIPA 6 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran concept mapping berbantuan cmapstools dan kelas XI MIPA 4 sebanyak 37 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test literasi sains berbentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal dengan 5 option dan angket keterampilan komunikasi sebanyak 30 pernyataan positif dan negatif dengan menggunakan penskoran skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji Ancova (Analysis of Covariance) dengan bantuan software SPSS versi 22 for windows pada taraf signifikan (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 08:49 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 08:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8007 |
Actions (login required)
View Item |