HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR TERHADAP SIKAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MIPA SMA NEGERI 7 KOTA TASIKMALAYA (Studi Korelasional dikelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2021/2022)

MAHARANI, LILIK PENI (2022) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR TERHADAP SIKAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MIPA SMA NEGERI 7 KOTA TASIKMALAYA (Studi Korelasional dikelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3 KET. ORISINIL.pdf

Download (212kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
5 KP. DI, DT, DG, DL.pdf

Download (867kB)
[img] Text
6 BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
7 BAB II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
8 BAB III.pdf

Download (663kB)
[img] Text
9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
12 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK LILIK PENI MAHARANI. 2022. HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR TERHADAP SIKAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MIPA SMA NEGERI 7 KOTA TASIKMALAYA (Studi Korelasional di kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022) Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar terhadap sikap peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA di SMAN 7 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 171 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling karena rentang nilai setiap kelas terpaut jauh, sehingga data tersebut heterogen. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas yaitu kelas X MIPA 4 yang terdiri dari 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner berupa angket sikap pada mata pelajaran biologi berjumlah 21 butir pernyataan yang mengacu dalam Test of Science-Relate Attitude (TOSRA) dan prestasi belajar biologi diambil dari skor akhir semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi sederhana dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara prestasi belajar terhadap sikap peserta didik pada mata pelajaran biologi, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,855 artinya memiliki keeratan hubungan yang kuat. Kontribusi prestasi belajar terhadap sikap peserta didik pada mata pelajaran biologi sebesar 73,1% sedangkan sisanya 26,9% ditentukan oleh variabel lain. Disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap sikap peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Korelasional; Prestasi Belajar; Sikap Pesera Didik pada Mata Pelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:49
Last Modified: 30 Dec 2022 08:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8005

Actions (login required)

View Item View Item