CONTRIBUTION OF VIDEO-BASED SELF OBSERVATION ON STUDENT TEACHER PEDAGOGICAL KNOWLEDGE

Suryana, Tiara Insani (2021) CONTRIBUTION OF VIDEO-BASED SELF OBSERVATION ON STUDENT TEACHER PEDAGOGICAL KNOWLEDGE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (241kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (210kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
10. CHAPTER 1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
11. CHAPTER 2.pdf

Download (247kB)
[img] Text
12. CHAPTER 3.pdf

Download (267kB)
[img] Text
13. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
14. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
15. REFERENCES.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRACT TIARA INSANI SURYANA. 2021. “CONTRIBUTION OF VIDEO-BASED SELF OBSERVATION ON STUDENT TEACHER PEDAGOGICAL KNOWLEDGE” Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Selama praktik mengajar, calon guru memiliki banyak kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan pedagogis mereka dengan melakukan praktik reflektif. Praktik reflektif memungkinkan calon guru untuk mengembangkan kemampuan mereka untuk memeriksa praktik mereka sendiri dan merefleksikan konsep, teori, dan keyakinan mereka sendiri tentang pengajaran. Berdasarkan pengalaman peneliti saat melakukan praktikum mengajar, peneliti menemukan fenomena dimana ada dua calon guru yang melakukan observasi diri berbasis video atas performa mengajar mereka di kelas selama praktikum mengajar dan mengevaluasi pengajaran mereka, dimana masih sedikit jumlah calon guru yang secara efektif memanfaatkan refleksi selama program praktikum mengajar mereka. Fenomena inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Dengan demikian, penelitian ini mengeksplorasi tentang kontribusi observasi video pada pengetahuan pedagogik calon guru. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif. Sebanyak 2 calon guru termasuk 1 perempuan dan 1 laki-laki berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan merekam dan mengamati proses belajar mengajar di kelas mendorong refleksi kritis mereka, meningkatkan pengetahuan konten mereka, meningkatkan gaya dan metode mengajar mereka dan mengembangkan keterlibatan mereka dalam pengembangan kurikulum. Pada akhirnya, kontribusi penelitian ini adalah untuk membangun lebih banyak pemahaman dan wawasan tentang kontribusi observasi diri berbasis video pada pengetahuan pedagogik calon guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:13
Last Modified: 29 Dec 2022 02:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item