Muslimah, Anisa (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (239kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (307kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (498kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (383kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
ABSTRAK Anisa Muslimah, 2021. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengacu pada silabus Bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasi peserta didik kelas X SMA/MA/SMK/MAK, yaitu menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi serta mengonstruksikan teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. Tetapi, pada kenyataannya belum seluruh peserta didik kelas X Jurusan Akuntansi SMKS Padakembang mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yang telah ditetapkan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi serta mengonstruksikan teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan pada peserta didik kelas X jurasan Akuntansi SMKS Padakembang tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, serta tes dengan sumber data peserta didik kelas X jurusan Akuntasi SMKS Padakembang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan. Berdasarkan hasil uji wilcoxon diketahui bahwa terdapat perbedaan nilai antara siklus 1 dan 2. Nilai peserta didik dalam aspek pengetahuan yaitu menganalisisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi pada siklus pertama sebanyak 11 orang (55%) berhasil mencapai KKB dan sebanyak 9 orang (45%) belum mencapai KKB. Kemudian, pada siklus kedua mengalami peningkatan dengan 20 peserta didik (100%) telah mencapai KKB. Pada aspek keterampilan yaitu mengonstruksikan teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan pada siklus pertama sebanyak 10 orang (50%) telah mencapai KKB dan 10 orang (50%) lainnya belum mencapai KKB. Pada siklus kedua terjadi peningkatan sebanyak 20 peserta didik (100%) telah mencapai nilai KKB yaitu 75. Sesuai dengan data dan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi serta mengonstruksikan teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan pada peserta didik kelas X jurusan Akuntansi SMKS Padakembang tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 00:39 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 00:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7948 |
Actions (login required)
View Item |