LISNAWATI, LISNAWATI (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DALAM POKOK BAHASAN KERAJAAN ISLAM DI NUSANTARA DI KELAS X IPS 2 SMAN 1 KARANGNUNGGAL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (189kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (484kB) |
|
Text
3. PENESAHAN DEWAN PENGUJI.pdf Download (220kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (220kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (276kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (163kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (277kB) |
|
Text
9. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (166kB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
Text
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (279kB) |
|
Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (275kB) |
|
Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (277kB) |
|
Text
14. BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
15. BAB II.pdf Download (545kB) |
|
Text
16. BAB III.pdf Download (669kB) |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
|
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak v LISNAWATI, 182171014. PENGARUH PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DALAM POKOK BAHASAN MASA KERAJAAN DI NUSANTARA DI KELAS X IPS 2 SMAN 1 KARANGNUNGGAL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Program studi pendidikan sejarah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,Universitas siliwangi. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada pembelajaran sejarah di kelas X IPS 2 SMAN 1 Karangnunggal. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh peggunaan media pembelajaran kokami (kotak kartu misterius) pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi kerajaan islam di nusantara terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPS 2 SMAN 1 Karangnuggal semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Hipotesis dalam penelitian ini adalah media pembelajaran kokami berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen pendekatan Kuantitatif, dengan Desain Nonequivalent Control Grup. Desain ini digunakan untuk membandingkan hasi pretest dan posttest pada kelompok yang di uji cobakan. Desain ini memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak di pilih secara random. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS 2 di SMA Negri 1 Karangnunggal. Sampel yang digunakan yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan Software SPSS Versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif yang telah dilakukan maka: 1) proses pembelajran sejarah Indonesia materi masa kerajaan islam di nusantara di kelas X IPS 2 SMA Negri tahun ajaran 2021/2022 menggunakan media pembelajaran kokami kotak kartu misterius. 2) terdapat pengaruh media pembelajaran kokami kotak kartu misterius pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi masa kerajaan islam di Indonesia. Di kelas X IPS 2 sma negri 1 karangnunggal tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil analisis uji independent simple t-test menujukan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 <0,05 maka HO di tolak dan Ha di terima hasil uji n gain persen memperoleh nilai 54,1376 % yang mana angka ini menujukan tingkat efektivitas media kokami ini cukup efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas X IPS 2 SMAN 1 Karangnunggal. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajran kokami kotak kartu misterius terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPS 2 SMAN 1 Karangnunggal. Kata kunci: Kokami, media pembelajaran, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 06:49 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 06:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7936 |
Actions (login required)
View Item |