SHAHIFA, ARIENA ROSYDIENA AZKIYATUZ (2022) DESAIN PEMBELAJARAN TRANSLASI MELALUIINKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (194kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (8kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN.pdf Download (277kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR DAFTAR ISI ,TABEL ,GAMBAR ,LAMPIRAN.pdf Download (251kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (179kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (420kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (271kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK ARIENA ROSYDIENA AZKIAYTUZ SHAHIFA. 2022. Desain Pembelajaran Translasi Melalui Inkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dan menghasilkan lintasan belajar peserta didik dalam pembelajaran translasi dengan konteks Peraturan Baris-Berbaris (PBB) melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan geogebra. Metode penelitian ini menggunakan design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk mengamati dan mencatat beberapa hal penting berkaitan dengan aktivitas pembelajaran serta kondisi lingkungan yang terjadi, merekam kegiatan pembelajaran untuk memperoleh data mengenai aktivitas peserta didik pada saat design experiment, memberikan soal evaluasi untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada materi translasi, dan wawancara untuk menggali lebih dalam terhadap permasalahan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik SMP Negeri 5 Tasikmalaya kelas IX-A untuk design experiment siklus pertama dan kelas IX-B untuk siklus kedua. Desain pembelajaran awal yang diujicobakan pada siklus pertama menghasilkan desain pembelajaran revisi. Selanjutnya desain pembelajaran yang telah direvisi digunakan pada siklus kedua. Pembelajaran siklus kedua menghasilkan desain pembelajaran berupa lintasan belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi translasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran konteks Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dalam pembelajaran materi translasi dapat membantu peserta didik untuk membangun konsep dasar dalam menemukan rumus translasi dan memahami sifat-sifat translasi. Selain itu, lintasan belajar dengan konteks Peraturan Baris-Berbaris (PBB) melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan geogebra dapat membantu pemahaman konsep peserta didik terhadap materi translasi. Kata kunci: Design Research, Translasi, Lintasan Belajar, Inkuiri Terbimbing, Geogebra.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 06:47 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 06:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7924 |
Actions (login required)
View Item |