Fitriani, Rahmah and Hernawan, Edi and Mustofa, Romy Faisal (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERSTRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Biosper. ISSN 978-602-9250-40-4
Text
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERSTRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learrning berstrategi metakognitif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih Kab. Ciamis pada sub konsep mekanisme pernapasan manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis sebanyak 5 kelas dan sampel yang digunakan dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada sub konsep mekanisme pernapasan manusia. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh problem based learning berstrategi metakognitif terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih, Kab.Ciamis pada sub konsep mekanisme pernapasan manusia. Kata kunci: problem based learning, strategi metakognitif, hasil belajar, mekanisme pernapasan manusia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi > Artikel Dosen Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 06:47 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 06:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7907 |
Actions (login required)
View Item |