IDENTIFIKASI DAN REMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI KELAS X MIPA SMAN 3 TASIKMALAYA

HANIFAH, KHAIRATI (2021) IDENTIFIKASI DAN REMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI KELAS X MIPA SMAN 3 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (146kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan, Surat Orisinalitas.pdf

Download (184kB)
[img] Text
4.Kata Pengantar dkk.pdf

Download (359kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (591kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
10. DAPUS.pdf

Download (126kB)

Abstract

ABSTRAK IDENTIFIKASI DAN REMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI KELAS X MIPA SMAN 3 TASIKMALAYA Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik merupakan hal yang perlu diperbaiki saat proses pembelajaran. Hal ini dapat terjadi karena pengetahuan peserta didik akan ilmu tidak hanya didapat dari sekolah, melainkan dari banyak faktor. Guru sebagai bentuk fasilitator dapat mencari berbagai solusi atas miskonsepsi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan miskonsepsi awal dan miskonsepsi setelah remediasi dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada materi ekosistem di kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara pada kelas X MIPA dan guru mata pelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdari 3 instrumen yaitu instrumen soal pilihan ganda dengan bentuk soal Certainty of Response Index (CRI), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian dan rekapitulasi rata-rata persentase peserta didik kategori paham konsep mengalami peningkatan, kategori lucky guess mengalami penurunan. kategori miskonsepsi mengalami penurunan, dan kategori tidak tahu konsep mengalami penurunan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persentase siswa yang mengalami miskonsepsi awal pada konsep Ekosistem sebesar 24% dan mengalami penurunan 1% setelah pengaplikasian model 5L sehingga persentase miskonsepsi peserta didik mencapai 23% dan lebih kecil dari pada persentase tidak tahu konsep. Kata-kata kunci: Miskonsepsi; Remediasi; Certainty of Response Index (CRI); Materi Ekosistem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:09
Last Modified: 27 Dec 2022 06:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7898

Actions (login required)

View Item View Item