PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI LITOSFER PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 TASIKMALAYA

GONI, ABDUL (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI LITOSFER PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER GONI.pdf

Download (510kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (557kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya yang menyebabkan rendahnya perolehan nilai pada mata pelajaran geografi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah tahapan pelaksanaan Model Pembelajaran kooperatif tipe scramble pada mata pelajaran geografi materi litosfer pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya? (2) Bagaimanakah pengaruh penggunaan Model Pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap motivasi belajar mata pelajaran geografi materi litosfer pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya? Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi lapangan, kuesioner, dokumentasi, dan studi literatur. sampel yang digunakan yaitu dengan total sampling sebanyak 52 peserta didik, purposive sampling sebanyak 2 orang serta menggunakan analisis statistika berupa analisis uji validitas dan realibilitas, uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa (1) Tahapan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada Mata Pelajaran Geografi materi litosfer di Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya yaitu : Pemaparan Materi, Membuat Soal, Membuat Jawaban Secara Acak, Pembagian Kelompok dan Mendiskusikan Jawaban. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe scramble berpengaruh terhadap motivasi belajar geografi materi litosfer pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif tipe Scramble, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:13
Last Modified: 05 Sep 2019 07:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item