STUDENTS' BEHAVIORAL ENGAGEMENT IN WHATSAPP MEDIATED ENGLISH LEARNING: A CASE STUDY IN AN INDONESIAN EFL SETTING

Utami, Sri Rahayu (2021) STUDENTS' BEHAVIORAL ENGAGEMENT IN WHATSAPP MEDIATED ENGLISH LEARNING: A CASE STUDY IN AN INDONESIAN EFL SETTING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Thesis - Sri Rahayu Utami (172122049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Rahayu Utami, 2021. “STUDENTS' BEHAVIORAL ENGAGEMENT IN WHATSAPP MEDIATED ENGLISH LEARNING: A CASE STUDY IN AN INDONESIAN EFL SETTING”. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Keterlibatan perilaku siswa termasuk kedalam aspek mendasar yang harus dipertimbangkan oleh para pengajar selama pembelajaran daring. Dalam konteks EFL di Indonesia, ada banyak guru yang melakukan pengajaran bahasa Inggris dengan dukungan media Whatsapp sebagai platform pembelajaran daring karena berpotensi untuk digunakan sebagai pelengkap tutorial pembelajaran daring. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan perilaku siswa selama pembelajaran daring dalam media tersebut. Dalam upaya pengumpulan data, penelitian ini melakukan wawancara kepada 3 siswa EFL dan seorang guru bahasa Inggris di salah satu SMK di Tasikmalaya. Data dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan perilaku siswa tergolong positif, hal ini dapat dilihat dari tiga aspek (1) Aktif dengan mengambil bagian dalam kegiatan pembelajaran asinkron selama pembelajaran daring, (2) Memberikan kontribusi terhadap tugas yang diberikan, (3) Melakukan upaya dengan bertanya dan menjadi pembelajar mandiri dalam mengeksplorasi bahan ajar bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang berbagai aspek kelas berbasis web dan keterlibatan perilaku siswa EFL di kelas virtual. Kata Kunci: Keterlibatan perilaku siswa, pembelajaran daring, whatsapp sebagai media pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:20
Last Modified: 22 Dec 2022 06:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7836

Actions (login required)

View Item View Item