ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

IFTITAH, WINNA MAULA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (875kB)
[img] Text
3 Suket Ujian Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 Pernyataan.pdf

Download (732kB)
[img] Text
5 Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6 Kata Pengantar.pdf

Download (73kB)
[img] Text
7 Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 Bab 1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
9 Bab 2.pdf

Download (240kB)
[img] Text
10 Bab 3.pdf

Download (40kB)
[img] Text
11 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
12 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
13 Daftar Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] Text
14 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
15 Riwayat Hidup Peneliti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK Winna Maula Iftitah. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini termaksuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan wawacara. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini adalah tiga orang peserta didik SMP Islamic Leader School Tasikmalaya yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa tidak semua subjek mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan tahapan menurut Polya, pada peserta didik dengan kemampuan awal matematika tinggi, ia mampu melewati semua tahapan menurut Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian dan memeriksa kembali hasil jawaban atau solusi. Peserta didik dengan kemampuan awal sedang, kurang mampu melewati beberapa tahapan indikator Polya dengan baik, seperti peserta didik kurang dapat memahami masalah dalam soal, walaupun begitu ia mampu merencanakan penyelesaian, pada tahap melaksanakan penyelesaian ia kurang mampu melewati tahap tersebut dengan baik, dan pada tahap memeriksa kembali jawaban peserta didik tidak dapat menyelesaikan soal menggunakan metode lain. Peserta didik dengan kemampuan awal rendah, tidak mampu melewati tahapan pemecahan masalah matematik dengan baik menggunakan indikator Polya, ia hanya mampu memahami masalah namun tidak dapat melewati tahap lainya seperti merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian dan memeriksa kembali hasil jawaban atau solusi. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Tahapan Polya, Kemampuan Awal Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:32
Last Modified: 19 Dec 2022 06:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item