PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R ( PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum Tahun Ajaran 2019//2020)

FAUZAN, FATURRAHMAN (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R ( PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum Tahun Ajaran 2019//2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK FATURRAHMAN FAUZAN, 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) Terhadap Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia (Studi Eksperimen Di Kelas Xi Mipa Sma Terpadu Riyadlul Ulum Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar dan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Metode penelitian yang digunakan yaitu true experimental design dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA B sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dengan pilihan majemuk dan essay. Persentase nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen pretest 43,88% dan postest83,81%. Untuk niai rata-rata berpikir kritis pada kelas eksperimen pretest 27,67% dan postes 72,69%. Sedangkan persentase nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol pretest 38,80% dan postest 63,23%. Untuk nilai rata-rata berpikir kritis pretest 26,28% dan postest 48,97%. ANCOVA menguji pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar dan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem peredaran darah pada manusia pada taraf signifikansi α=0,05 diperoleh nilai 0,000. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar dan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Kata Kunci: Strategi PQ4R, Hasil Belajar, Berpikir Kritis, Pretest, Postest

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:09
Last Modified: 15 Dec 2022 03:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7744

Actions (login required)

View Item View Item