PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya)

SUCIANTI RAHAYU, MELINDA (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
152151185_Skripsi_Melinda Sucianti Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped, kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning, pengaruh dari suatu model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang berjumlah 11 kelas. Sampel dipilih secara acak menurut kelas, kelas VIII K terpilih sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik, yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped dan kelas VIII J terpilih sebagai kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL. Teknik analisis data untuk uji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berada pada kategori tinggi, kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model PBL berada pada kategori cukup, ada pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. Kata kunci: Flipped classroom, peer instruction flipped, Problem Based Learning (PBL), pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:39
Last Modified: 05 Sep 2019 02:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item