PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik kelas VII SMPN 3 Pancatengah)

LESTARI, YUSI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik kelas VII SMPN 3 Pancatengah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI,DAFTAR TABEL,.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)

Abstract

ABSTRAK YUSI LESTARI. 2018. “PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK”. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang diterapkan dengan menggunakan pembelajaran model Problem Based Learing dengan Strategi React dan peserta didik yang diterapkan dengan pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi interaktif pada materi himpunan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Pancatengah pada semester 1 untuk tahun pelajaran 2018/2019, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan yang digunakan yaitu posttest only control design, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pancatengah, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, dan terpilih peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning Dengan Strategi React dan satu kelas VII B sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Interktif. Pengukuran kemampuan komunikasi matematik dilakukan dengan menggunakan instrumen tes melalui tes berbentuk essay dan angket kemandirian belajar, instrumen ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1+n2-2). Dari hasil pengujian menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan matematik peserta didik yang diterapkan model Problem Based Learning dengan Strategi React lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang diterapkan model Problem Based Learning dengan Strategi Interaktif pada materi himpunan. Kata kunci: Problem Based Learning, REACT, Kemampuan Komunikasi Matamatik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:38
Last Modified: 14 Dec 2022 03:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7692

Actions (login required)

View Item View Item