EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya)

ILHAM ZAKARIA, MUHAMAD (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
152151170_Skripsi_Muhamad Ilham Zakaria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik setelah menggunakan model CPS serta mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan tes kemampuan berpikir reflektif matematis. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Manonjaya yang berjumlah 6 kelas. Sampel dipilih secara acak menurut kelas, sehingga kelas X IPA 1 yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang yang pembelajarannya menggunakan model CPS. Teknik analisis data yang digunakan dalam uji hipotesis yaitu uji proporsi satu pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik berada pada kriteria sangat baik dan model Creative Problem Solving (CPS) efektif terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Creative Problem Solving, dan Efektivitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:38
Last Modified: 05 Sep 2019 02:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item