ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MIE BAKSO ABDA PADA MASA PANDEMI COVID-19

HIDAYAH, HAYATUN NURUL (2022) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MIE BAKSO ABDA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_Cover.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul Hidayah_Lembar Pengesahan.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_Lembar Pernyataan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_Abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_Kata Pengantar.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_BAB II.pdf

Download (546kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
Skripsi_Hayatun Nurul H_Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Hayatun Nurul Hidayah 2022, Analisis Strategi Bauran Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mie Bakso Abda Pada Masa Pandemi Covid-19 : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi Volume penjualan Mie Bakso Abda ini berada pada volume fluktuatif dimasa pandemi Covid-19 bahkan cenderung menurun, meskipun sudah dilakukan berbagai cara oleh pemilik supaya kembali pulih namun tetap saja tidak ada peningkatan, jika dibandingkan dengan kondisi sebelum adanya pandemi Covid-19 volume penjualan Mie Bakso Abda berada pada volume penjualan yang normal, dimana penjualan Mie Bakso Abda mengalami kenaikan dan penurunan. Hal tersebut berkaitan dengan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Mie Bakso Abda. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi bauran pemasaran syariah yang diterapkan oleh Mie Bakso Abda dalam meningkatkan volume penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendeketan kualitatif. Menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang (Pengelola dan karyawan Mie Bakso Abda). Dengan peneliti sendiri sebagai instrumen penelitiannya. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran syariah pada Mie Bakso Abda sudah sesuai dengan ketentuan syariah yang mana dari produk, alat dan proses produksi sudah halal dan tersertifikasi halal dari MUI, inovasi sering dilakukan dengan menciptakan variasi menu mie bakso untuk mengikuti trend yang sedang terjadi dan menyesuaikan keinginan konsumen. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau oleh target pasar dengan mempertimbangkan HPP (Harga Pokok Produksi). Promosi yang dilakukan tidak ada unsur penipuan dan menggunakan strategi pemasaran melalui media sosial yaitu whatsapp, facebook, instagram, tiktok, dan shopee, diantaranya ada paket bundling, diskon, give away, instagram live, dan shopee live. Lokasi Mie Bakso Abda ini belum strategis, akan tetapi penjualan lebih banyak dengan cara online. Alur distribusi yang dilakukan oleh Mie Bakso Abda ada 2 alur diantaranya Produsen-Konsumen dan Produsen-Pengecer-Konsumen, mempunyai tenaga kerja dan reseller Mie Bakso Abda yang senantiasa memberikan loyalitas kepada konsumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran syariah yang dilakukan terdapat kelebihan dalam segi produk yang sudah tersertifikasi halal dari MUI, hanya saja terdapat kekurangan mengenai promosi yang dilakukan belum efektif. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Pandemi Covid-19, Pemasaran Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:32
Last Modified: 14 Dec 2022 03:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7655

Actions (login required)

View Item View Item