ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN (Penelitian di Kelas VII A MTs Babakan)

HARTINAH, IIN (2022) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN (Penelitian di Kelas VII A MTs Babakan). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (5kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (171kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel.pdf

Download (410kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (286kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (153kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK IIN HARTINAH. 2022. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan peserta didik dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes operasi hitung bilangan pecahan yang terdiri dari satu soal uraian. Subjek penelitian ini adalah dua orang peserta didik dari kelas VII A MTs Babakan yang mengalami semua jenis kesalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitin diperoleh kesimpulan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik yaitu kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip. Kesalahan fakta yaitu salah dalam menuliskan kembali apa yang diketahui dalam soal. Kesalahan konsep yaitu salah dalam konsep penjumlahan dan konsep pengurangan bilangan pecahan. Kesalahan operasi yaitu kesalahan dalam mengoperasikan bilangan pecahan. Kesalahan prinsip yaitu salah dalam menentukan jawaban akhir yang diminta. Faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan pecahan adalah panik saat mengerjakan soal, lupa konsep penjumlahan bilangan pecahan, kurang teliti dan tidak memeriksa kembali hasil jawaban, bingung cara penyelesaiannya, kesehatan tubuh tidak optimal, ingin segera menyelesaikan soal, dan tidak menguasai langkah-langkah penyelesaian. Kata kunci: kesalahan, bilangan pecahan, faktor penyebab kesalahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:01
Last Modified: 08 Dec 2022 08:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7608

Actions (login required)

View Item View Item