ENCOURAGING STUDENTS’ SPEAKING THROUGH OPENTALK APP: PARTICIPATORY ACTION RESEARCH

Anggun Nurhalim, Gugun (2019) ENCOURAGING STUDENTS’ SPEAKING THROUGH OPENTALK APP: PARTICIPATORY ACTION RESEARCH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (902kB)
[img] Text
Chapter I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
References.pdf

Download (923kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus dalam isu apa saja yang muncul ketika mahasiswa setelah menggunakan aplikasi Opentalk terhadap berbicara bahasa inggris mereka. Di dalam penelitian ini ketidakpercayaan diri dan ketakutan membuat kesalahan (Psychological factors) para mahasiswa merupakan halangan mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Namun, seiring berkermbangnya teknologi, Mobile Assist Language Learning (MALL) sudah banyak diterapkan didunia pendidikan baik yang memiliki fungsi khusus atau tidak, seperti Opentalk App. Sehingga, aplikasi ini bisa dijadikan alat untuk mengatasi Psychological factor mereka. Untuk mengisi celah ini, Participatory action research ini mencoba untuk meneliti isu-isu yang muncul terhadap para mahasiwa dalam berbicara bahasa inggris setelah dimediasi dengan aplikasi Opentalk. Empat orang peserta yang terpilih memiliki status dan psychological factor yang sama. Data dikumpulkan dengan menggunakan Reflection berupa DICR (Smyth, 1989) dan Video recording sebagai bukti kelangsungan mereka dalam penggunaan Opentalk App. Data DICR dianalisis mengunakan Thematic analysis (Braun & Clarke, 2006). Hasilnya menunjukan bahwa para mahasiswa yang menggunakan aplikasi Opentalk dalam empat hari memunculkan isu berupa (1) Students’ SelfConfidence Growth in Speaking, (2) Opentalk App as platform in Shaping Students’ Motivation, and (3) Students’ Speaking Improvement. Kata Kunci: Psychological Factor, Opentalk App, Reflection (DICR), Participatory Action Research (PAR)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:08
Last Modified: 05 Sep 2019 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item