Yulianti, Yuli (2022) PENDAMPINGAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI WARGA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN KELAS MALAM (Studi pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (43kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (335kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAftar Tabel.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (149kB) |
|
Text
BAB 11.pdf Download (352kB) |
|
Text
BAB 111.pdf Download (78kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK YULI YULIANTI. 2022. Pendampingan Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Warga Belajar pada Pembelajaran Kelas Malam (Studi pada Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Masyarakat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini memiliki latar belakang masalah yaitu kurangnya motivasi warga belajar, jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta kehadiran warga belajar kadang tidak hadir dan terlambat masuk pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pendampingan tutor dalam meningkatkan motivasi warga belajar pada pembelajaran kelas malam yang ada di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya. Alasan dilakukan penelitian ini karena kurangnya motivasi warga belajar paket C pada kelas malam di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pendampingan tutor memberikan kemudahan dalam kegiatan pembelajaran seperti pada metode mengajar yang lebih fleksible kepada warga belajar, disesuaikan dengan kebutuhan belajar, metode dan media pembelajaran di buat dalam video pembelajaran, Power point dan modul, serta fasilitas komputer untuk memfasilitasi memudahkan warga dalam mengikuti pembelajaran kelas malam serta adanya dukungan dari lingkungan dan masyarakat sekitar, adanya peningkatan motivasi warga belajar pada motivasi intrinsik yaitu faktor minat, kemuan, kecerdasan dan kesehatan jasmani dan rohani serta motivasi ekstrinsik yaitu warga belajar di dorong oleh faktor lingkungan sosial, latar belakang keluarga, tingkat pendidikan, dan ekonomi orang tua yang sangat mempengaruhi dalam kegiatan pembelajaran pada kelas malam. Simpulanya setelah mengikuti kegiatan pembelajaran warga belajar bisa mendapatkan pekerjaan atau dapat menyesuaikan kerja yang lebih baik. Memperoleh penghasilan yang mencukupi, mempunyai aktualitas diri serta hidup lebih baik. Kata kunci : Pendampingan, tutor, warga belajar, motivasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 02:25 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 02:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7545 |
Actions (login required)
View Item |