ANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERPEN DALAM KUMPULAN TEKS CERPEN MATA YANG ENAK DIPANDANG KARYA AHMAD TOHARI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA KELAS XI (Penelitian Deskriptif terhadap Teks Cerpen)

Hidayat, Restu (2022) ANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERPEN DALAM KUMPULAN TEKS CERPEN MATA YANG ENAK DIPANDANG KARYA AHMAD TOHARI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA KELAS XI (Penelitian Deskriptif terhadap Teks Cerpen). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan (Restu Hidayat) .pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK Restu Hidayat, 2022. Analisis Unsur-unsur Pembangun Teks Cerpen Dalam Kumpulan Teks Cerpen Mata Yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari Dengan Menggunakan Pendekatan Struktural Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Pada Kelas XI Bahan ajar, khususnya teks cerpen merupakan salah satu hal yang menentukan keberhasilan pembelajaran. Bahan ajar berupa teks cerpen yang digunakan harus sesuai dengan kriteria bahan ajar. Kondisi realistis di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan kurang memotivasi peserta didik dalam membaca cerpen, karena kurang bervariasi cenderung monoton. Cerpen yang yang digunakan berupa cerpen yang tersedia di buku teks. Permasalahan tersebut memacu penulis untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur intrinsik teks cerpen yang terkandung dalam kumpulan teks cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari dengan pendekatan analisis struktural dan untuk mengetahui dapat atau tidaknya unsur intrinsik dalam kumpulan teks cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari dijadikan alternatif bahan ajar sastra di kelas XI. Metode peneltian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah studi pustaka, analisis wacana, dokumentasi dan wawancara. Teknik validasi yang penulis gunakan adalah angket dan tes. Populasi penelitian ini yakni 15 cerpen yang terdapat pada Kumpulan Teks Cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari, yakni “Mata Yang Enak Dipandang”, “Bila Jebris Ada Di Rumah Kami”, “Penipu Yang Keempat”, “Daruan”, “Warung Penajem”, “Paman Dablo Merobek Layang-layang”, “Kang Sarpin Minta Dikebiri”, “Akhirnya Karsim Menyeberang Jalan”, “Sayur Bleketepuk”, “Rusmi Ingin Pulang”, “Darwih, Turah, dan Totol”, “Harta Gantungan”, “Pemandangan Perut”, “Salam Dari Penyangga Langit”, dan “Bulan Kuning Sudah Tenggelam”. Menggunakan teknik purposive sampling, penulis memilih 6 cerpen yang menjadi sampel penelitian ini, yakni “Mata Yang Enak Dipandang”, “Penipu Yang Keempat”, “Warung Penajem”, “Akhirnya Karsim Menyeberang Jalan”, “Rusmi Ingin Pulang”, dan “Pemandangan Perut”. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa buku kumpulan teks cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari memiliki unsur intrinsik yang lengkap yaitu tema, tokoh/penokohan, latar, alur, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat. Dilihat dari kesesuaian dengan kurikulum 2013 revisi yaitu sesuai dengan kompetensi dasar 3.9 menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek. Dari segi kesesuaian kriteria bahan ajar sastra yakni memiliki kesesuaian dengan aspek kebahasaan, aspek psikologi, dan aspek latar belakang kebudayaan. Dengan demikian, kumpulan teks cerpen Mata Yang Enak Dipadang karya Ahmad Tohari dapat dijadikan alternatif bahan ajar teks cerpen di kelas XI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:14
Last Modified: 06 Dec 2022 06:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7539

Actions (login required)

View Item View Item