REDESIGN GEOMETRIK DAN PERKERASAN JALAN KARANGPANINGAL-PULOERANG KABUPATEN CIAMIS

SINTYA, DHEA (2022) REDESIGN GEOMETRIK DAN PERKERASAN JALAN KARANGPANINGAL-PULOERANG KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (55kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)

Abstract

Redesign Geometrik Dan Perkerasan Jalan Karangpaningal-Puloerang Kabupaten Ciamis Dhea Sintya1), Herianto2), Rosi Nursani3) 1,2,3Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No. 24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia Email: dheasintya12@gmail.com ABSTRAK Jalan menjadi salah satu prasarana transportasi darat yang memegang peran penting dalam aktivitas manusia. Kondisi jalan sangat diutamakan untuk memberikan rasa nyaman, dan keselamatan bagi pengguna jalan. Jalan Karangpaningal-Puloerang yang merupakan penghubung antara Desa Karangpaningal Kecamatan Purwadadi-Desa Puloerang Kecamatan Lakbok. Kondisi ruas jalan Karangpaningal-Puloerang sudah sangat rusak baik perkerasan maupun saluran drainase. Hal ini dikhawatirkan akan menggangu fungsi dari jalan tersebut. Daerah ini memiliki sumber daya alam yang melimpah untuk mendukung kemajuan perekonomian di daerah tersebut diperlukan perencanaan ulang geometrik jalan untuk membantu mendistribusikan barang atau jasa. Metode�metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini diantaranya, perencanaan geometrik jalan menggunakan metode Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (TPGJAK) tahun 1997, drainase menggunakan metode Perencanaan Sistem Drainase Jalan (Pd.T-02-2006-B), perkerasan lentur menggunakan metode Analisa Komponen 1987 (SKBI-2.3.26.1987). Analisis perencanaan berupa geometrik jalan, perkerasan, saluran drainase, dan RAB. Hasil analisis diperoleh alinyemen horizontal memiliki rencana awal trase sepanjang 5000 m menjadi 4404,509 m, 10 tikungan yang terdiri dari 7 tikungan Spiral-Circle�Spiral dan 3 tikungan Spiral-Spiral. Alinyemen Vertikal terdapat 13 lengkung vertikal cekung dan 11 lengkung vertikal cembung dengan galian sebesar 34617,924 m3 dan timbunan sebesar 15241,339 m3 . Perencanaan dimensi saluran drainase dengan debit rencana saluran 0,316 m3 /det dengan penampang berbentuk persegi menggunkan pasangan batu kali. Dimensi saluran drainase dengan lebar 0,55 m, tinggi muka air 0,405 m dan tinggi jagaan 0,45 m. Perencanaan perkerasan jalan menggunakan jenis perkerasan lentur dengan umur rencana 10 tahun, didapatkan jenis dan tebal lapisan perkerasan Lapen (mekanis) 60 mm, Batu Pecah (Kelas A) 200 mm, Sirtu ( Kelas A) 100 mm. Rencana Anggaran Biaya (RAB) diperoleh sebesar Rp. 10.889.687.000,00. Kata kunci : Geometrik, Perencanaan Ulang, Drainase, Perkerasan, Rencana Anggaran Biaya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:13
Last Modified: 06 Dec 2022 06:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7529

Actions (login required)

View Item View Item