WULANDARI, FARIDA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (46kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (748kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) |
|
Text
8. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (274kB) |
|
Text
9. BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf Download (435kB) |
|
Text
10. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (472kB) |
|
Text
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
12. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
Abstract
ABSTRAK FARIDA WULANDARI. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian guardian, idealis, artisan dan rational. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, kuesioner dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan kuesioner The Keirsey Temperanment Sorter. Subjek dalam penelitian ini yaitu empat peserta didik kelas VII-A yang mempunyai tipe kepribadian guardian, artisan, idealis, dan rasional. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles and Huberman. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir reflektif S07 dengan tipe kepribadian guardian tidak dapat mencoba untuk mengembangkan ide dan sudah merasa yakin dengan jawabannya namun dapat melakukan tes untuk menguji solusi pemecahan masalah dan menggunakannya sebagai pertimbangan membuat kesimpulan melalui proses pemeriksaan kembali jawaban yang diselesaikan, S03 dengan tipe kepribadian artisan dapat mengajukan alternatif solusi pemecahan masalah melalui proses menjelaskan solusi pemecahan masalah secara tepat dengan metode penjualan, pembelian, untung dan rugi pada konsep aritmatika sosial namun tidak dapat mengecek kembali hasil jawabannya dengan cara yang lain, S04 dengan tipe kepribadian rational dapat mengembangkan ide untuk memecahkan masalah dengan cara alternatif lain yaitu mentransformasikan model matematika ke dalam penyelesaian dengan metode persentase untung dan rugi serta dapat menguji dengan jawaban alternatif lain dan memberikan kesimpulan dari hasil penyelesaian tugas yang diperoleh dengan benar. Dan terakhir kemampuan berpikir reflektif matematik S15 dengan tipe kepribadian idealist tidak mencoba untuk mengembangkan ide karena sudah merasa yakin dengan jawabannya, namun dapat menguji solusi pemecahan masalah dan menggunakannya sebagai pertimbangan membuat kesimpulan melalui proses pemeriksaan kembali jawaban yang diperoleh tanpa menguji dengan jawaban alternatif lain. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Tipe Kepribadian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7528 |
Actions (login required)
View Item |