PENGARUH PENGETAHUAN METAKOGNITIF TERHADAP EFIKASI DIRI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei pada Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA KHZ Musthafa Tahun Ajaran 2020/2021)

AGUSTIAN, MUHAMMAD AZMI (2021) PENGARUH PENGETAHUAN METAKOGNITIF TERHADAP EFIKASI DIRI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei pada Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA KHZ Musthafa Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Muhammad_Azmi_Agustian_(162165115).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Azmi Agustian. 2021. “Pengaruh Pengetahuan Metakognitif Terhadap Efikasi Diri dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Kelas XI di SMA KHZ Musthafa Sukamanah”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dibawah Bimbingan Pembimbing I. Dra. Hj. Heti Suherti, M.M. dan Pembimbing II. Ai Nur Solihat, M.Pd. Berdasarkan masalah yang diteliti dalam penelitian, yaitu mengenai kemampuan siswa dalam mengelola pembelajarannya senyaman mungkin dan seefektif mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengetahuan metakognitif terhadap efikasi diri dan implikasinya terhadap hasil belajar. Pengukuran pengetahuan metakognitif menggunakan the metacognitive assessment inventory (MAI) yang mengukur pengaturan kognisi dan pengetahuan kognisi. Pengukuruan hasil belajar menggunakan Penilaian Akhir Semester (PAS) mata pelajaran Ekonomi. Pengukuran efikasi diri mencakup magnitude atau level, strength, dan generality. Hasil sobel test bahwa t hitung < t tabel (-50,0425 < 1,9702) dengan taraf signifikannya < 0,05, pengaruh pengetahuan metakognitif terhadap efikasi diri dan implikasinya terhadap hasil belajar adalah 0,054. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA KHZ Musthafa. Sampel sebanyak 91 siswa diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh dari populasi. Metode penelitian adalah survey menggunakan pendekatan deskriptif. Data dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Sebagian besar siswa kelas XI IPS SMA KHZ Musthafa memiliki: tingkat pengetahuan metakognitif tinggi, tingkat efikasi diri tinggi, dan hasil belajar ekonomi tinggi; (2) Pengetahuan metakognitif tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri; (3) Pengetahuan metakognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Kata Kunci: Pengetahuan, Metakognitif, Hasil, Belajar, Efikasi, Diri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:07
Last Modified: 06 Dec 2022 01:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7518

Actions (login required)

View Item View Item