ANALISIS KESALAHAN MATEMATIK PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTs Lisda Tasikmalaya)

NURSAMSI, AJI RAFI (2019) ANALISIS KESALAHAN MATEMATIK PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTs Lisda Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Aji Rafi Nursamsi. 2019. ANALISIS KESALAHAN MATEMATIK PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTs Lisda Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal problem solving pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FD) dan gaya kognitif Field Dependent (FD) dengan menggunakan analisis kesalahan berdasarkan prosedur Newman. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas VIII B MTs Lisda Tasikmalaya. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Group Embedded Figure Test (GEFT) dan soal problem solving. Instrumen GEFT diberikan kepada peserta didik untuk mengategorikan peserta didik dengan gaya kognitif FI dan FD, kemudian instrumen soal problem solving diberikan kepada peserta didik berdasarkan kategori gaya kognitif FI dan FD dengan menggunakan teknik think out loud, kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Subjek penelitian diperoleh dari peserta didik dengan kategori gaya kognitif FI dan FD dengan pertimbangan peserta didik yang melakukan kesalahan paling banyak dan dapat berkomunikasi dengan baik untuk menyampaikan masalah peserta didik melakukan kesalahan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa peserta didik dengan gaya kognitif field dependent cenderung melakukakan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses, dan kesimpulan. Sedangkan peserta didik dengan gaya kognitif field independent cenderung melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan kesimpulan. Kata kunci: kesalahan, problem solving, gaya kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 05 Dec 2022 00:27
Last Modified: 05 Dec 2022 00:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7513

Actions (login required)

View Item View Item