MULYANINGSIH, SRI (2022) PEMASARAN CABAI RAWIT VARIETAS ORI 212 DARI DESA CIBEUREUM KECAMATAN SUKAMANTRI KABUPATEN CIAMIS SAMPAI PASAR CARINGIN KOTA BANDUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (58kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (44kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf Download (60kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (229kB) |
|
Text
6. BAB I_PENDAHULUAN.pdf Download (214kB) |
|
Text
7. BAB II_TINJAUAN PUSTAKA, PENELITIAN TERDAHULU, DAN PENDEKATAN MASALAH.pdf Download (209kB) |
|
Text
8. BAB III_METODE PENELITIAN.pdf Download (178kB) |
|
Text
9. BAB IV_KEADAAN UMUM DAERAH PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
10. BAB V_HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
Text
11. BAB VI_SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN, RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) |
Abstract
ABSTRAK PEMASARAN CABAI RAWIT VARIETAS ORI 212 DARI DESA CIBEUREUM KECAMATAN SUKAMANTRI KABUPATEN CIAMIS SAMPAI PASAR CARINGIN KOTA BANDUNG Oleh Sri Mulyaningsih NPM 185009037 Dosen Pembimbing Eri Cahrial Hj. Rina Nuryati Penelitian bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi, biaya, keuntungan, margin pemasaran, dan farmer’s share, serta efisiensi pemasaran cabai rawit. Metode penelitian menggunakan survei, penentuan responden dengan snowball sampling terdiri dari 3 orang pedagang pengumpul, 5 orang pedagang besar, dan 14 orang pedagang pengecer. Lokasi penelitian di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis dari November 2021-Juli 2022. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: Saluran I: Produsen → Pedagang pengumpul → Pedagang besar Panumbangan → Pedagang besar Cikurubuk → Pedagang pengecer → Konsumen akhir; Saluran II: Produsen → Pedagang pengumpul → Pedagang besar Caringin → Pedagang Pengecer → Konsumen akhir; Saluran III: Produsen → Pedagang pengumpul → Pedagang pengecer → Konsumen akhir. Fungsi pemasaran yang dilaksanakan yaitu fungsi pertukaran berupa penjualan dan pembelian dilakukan seluruh lembaga pemasaran pada masing-masing saluran, Semua lembaga pemasaran pada setiap saluran melaksanakan fungsi fisik berupa pengangkutan, sedangkan penyimpanan hanya dilakukan pedagang besar Cikurubuk, pedagang besar Caringin dan pedagang pengecer di setiap saluran. Fungsi fasilitas berupa pembiayaan, penanggungan risiko, dan informasi pasar dilakukan seluruh lembaga pemasaran pada masing-masing saluran, sedangkan sortasi hanya dilakukan pedagang besar Cikurubuk, pedagang besar Caringin, dan pedagang pengumpul serta pedagang pengecer di setiap saluran. Biaya saluran pemasaran I, II, dan III yaitu Rp11.666,91/kg, Rp9.558,42/kg, dan Rp8.410,46/kg. Keuntungan saluran pemasaran I, II, dan III yaitu Rp18.333,09/kg, Rp19.191,58/kg, dan Rp19.589,54/kg. Margin pemasaran saluran I, II, dan III adalah Rp30.000/kg, Rp28.750/kg, dan Rp28.000/kg. Farmer’s share saluran I, II, dan III adalah 60 persen, 61,54 persen, dan 62,16 persen. Saluran pemasaran I, II, dan III sudah efisien. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Cabai Rawit
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 06:21 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 06:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7487 |
Actions (login required)
View Item |