INTEGRATING SMARTPHONES IN ENGLISH TO A YOUNG LEARNER CLASSROOM: AN INDONESIAN PRIMARY SCHOOL TEACHER’S PERCEPTION

PURNAMASARI, RESTI (2022) INTEGRATING SMARTPHONES IN ENGLISH TO A YOUNG LEARNER CLASSROOM: AN INDONESIAN PRIMARY SCHOOL TEACHER’S PERCEPTION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (163kB)
[img] Text
APPROVAL SHEET 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
APPROVAL SHEET 2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
PREFACE, ACKNOWLEDGEMENTS, ETC.pdf

Download (282kB)
[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
CHAPTER 2.pdf

Download (117kB)
[img] Text
CHAPTER 3.pdf

Download (190kB)
[img] Text
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK RESTI PURNAMASARI. 2022. Pengintegrasian Smartphones dalam Kelas Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Dasar: Persepsi Guru Sekolah Dasar Indonesia. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Menyebarnya wabah COVID-19, mengharuskan proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal ini berakibat pula pada proses pengajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. Dengan diterapkannya pembelajaran daring tentu sangat erat kaitannya dengan penggunaan teknologi. Smartphones, merupakan salah satu jenis teknologi yang banyak digunakan dalam memfasilitasi proses pembelajaran daring. Dengan melihat fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui persepsi seorang guru sekolah dasar dalam mengintegrasikan smartphones pada saat proses pengajaran Bahasa Inggris. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian serta menggunakan teknik wawancara semi struktur dan observasi daring dalam pengambilan data. Kemudian, data dianalisis menggunakan tematik analisis yang juga diselaraskan dengan TPACK framework dari Mishra dan Koehler pada 2006. Dari penelitian tersebut, dihasilkan dua persepsi guru dalam penggunaan smartphones, yaitu persepsi negatif dan persepsi positif. Pada persepsi negatif dihasilkan tiga persepsi yakni, (1) tidak efektifnya dalam proses penyampaian materi, (2) masalah dalam mengatur siswa, dan (3) kendala dalam akses internet, kemudian pada persepsi positif meliputi (1) smartphones sebagai salah satu media pengajaran yang memadai, (2) smartphones sebagai salah satu media pengajaran yang dapat mengakses WhatsApp sebagai aplikasi yang terjangkau dan (3) smartphones dapat mempermudah dalam mengakses YouTube untuk mencari video pembelajaran yang menarik. Kesimpulannya, dengan digunakannya smartphones dalam pengajaran Bahasa Inggris untuk siswa tingkat sekolah dasar, hal ini tentu memunculkan persepsi negatif dan positif dari guru selama proses pengajaran berlangsung. Oleh karena itu, dalam melakukan proses pengajarannya sangat diperlukan peran seorang guru yang cukup memadai dalam menguasai pengetahuan terkait teknologi, pedagogis, dan konten. Kata kunci: Bahasa Inggris untuk pembelajar muda, TPACK framework, Smartphones.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:21
Last Modified: 28 Nov 2022 06:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7486

Actions (login required)

View Item View Item