ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN KRITERI AWATSON

DETI SUSILAWATI, CINDY (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN KRITERI AWATSON. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dan faktor penyebab peserta didik dalam menyelesaiakan soal persamaan garis lurus berdasarkan kriteria Watson. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 8 dari 32 peserta didik kelas IX C SMP Negeri 1 Manonjaya. Setiap hasil kesalahan menggunakan analisis kesalahan Watson kemudian dilakukan wawancara untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan data tidak tepat (inapproprite data/id), peserta didik salah memasukkan data dalam variabel. (2) kesalahan prosedur tidak tepat (innappropriate procedure/ip), peserta didik kurang tepat menggunakan rumus. (3) kesalahan data hilang (omitted data/od), peserta didik kurang teliti dalam menjawab soal sehingga adanya data yang hilang serta urutan penyelesaian yang tidak sinkron dengan prosesnya. (4) kesalahan kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc), gagal dalam menyimpulkan. (5) kesalahan konflik level respon (response level conflict/rlc), tidak sesuai penulisan hasil jawaban dengan kesimpulan. (6) kesalahan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um), menggunakn alasan yang sederhana tidak logis atau acak. (7) kesalahan masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp), kurang teliti dalam melakukan keterampilan menghitung, salah operasi dan lain-lain. (8) kesalahan selain dari tujuh kriteria di atas, tidak termasuk pada ketujuh kriteria kesalahan di atas. Faktor-faktor penyebab kesalahan peserta didik adalah Tidak teliti menemukan hal yang diketahui dalam soal, tidak mengerti dengan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak mengetahui rumus dalam menyelesaikan soal yang ditanyakan, tidak paham dengan menentukan persamaan pada persamaan yang tegak lurus, adanya urutan/ langkah penyelesaian yang tidaksinkron dengan prosesnya, kurangnya pemahaman terhadap pertanyaan yang ada dalam soal, tidak tuntasnya proses penyelesaian soal, kurang memahami maksud soal, tidak sesuai penulisan dalam kesimpulan, bingung dalam menggunakan alasan dalam menyelesaikan permasalahan, menggunakan alasan yang tidak logis dalam menyelesaikan permasalahan, Kurang keterampilan dalam menghitung, bingung cara menjawabsoal KataKunci:Kesalahan,Persamaangarislurus,kriteraWatson

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Sep 2019 08:39
Last Modified: 04 Sep 2019 08:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item