UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA PGRI SALAWU (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA PGRI Salawu Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Sutisna, Dadan (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA PGRI SALAWU (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA PGRI Salawu Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DADAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN DADAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Dadan Sutisna, 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun Puisi dan Menulis Puisi Dengan Memperhatikan Unsur Pembangunnya Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Learning Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas X Mipa Sma Pgri Salawu. (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X MIPA SMA PGRI Salawu Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menganalisis dan menulis puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas X berdasarkan kurikulum 2013 Revisi. Namun pada kenyataannya, peserta didik kelas X MIPA di SMA PGRI Salawu Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya metode pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X MIPA SMA PGRI Salawu Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 dalam menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu, peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 7 orang (20%), sedangkah peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 27 orang (80%). Pada aspek keterampilan, peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 11 orang (32%), sedangkah peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 23 orang (68%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun pada aspek keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 34 orang berhasil mencapai KKM (100%). Hasil uji normalitas data nilai menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya pada siklus kesatu dan siklus kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, metode pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan dalam menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya pada peserta didik kelas X MIPA SMA PGRI Salawu Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:47
Last Modified: 17 Nov 2022 03:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7410

Actions (login required)

View Item View Item