PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH (True Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Perkembangan dan Tantangan Awal Kemerdekaan di Kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022)

KOMARIAH, EMA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH (True Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Perkembangan dan Tantangan Awal Kemerdekaan di Kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (196kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR TTD PENGUJI, LEMBAR KEASLIAN KARYA.pdf

Download (463kB)
[img] Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
4.ABSTRACT.pdf

Download (183kB)
[img] Text
5.KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (396kB)
[img] Text
6.BAB 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
7.BAB 2.pdf

Download (365kB)
[img] Text
8.BAB 3.pdf

Download (696kB)
[img] Text
9.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
10.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
12.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ema Komariah. 182171054. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH (True Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Perkembangan dan Tantangan Awal Kemerdekaan di Kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik Peristiwa 10 November 1945 terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA�6 di SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Kurangnya minat belajar sejarah dikarenakan karena strategi yang digunakan oleh guru kurang tepat diterapkan pada kelas dengan karakter peserta didik yang kurang berpartisipasi dalam pembelajaran ditambah dengan pembelajaran sejarah yang ditempatkan dijam terakhir membuat pembelajaran dikelas kurang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis True Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan observasi dengan memanfaatkan borang dan pedoman observasi sebagai instrumennya. Data penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan beberapa jenis uji, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penggunaan media komik di kelas XI MIPA 6 mampu menarik minat belajar siswa, terbukti pada kelas XI MIPA yang diberi perlakuan menggunakan media komik mendapatkan nilai sebesar 2642 dengan prosentase 77.7% mendapat kategori baik, sedangkan pada kelas XI MIPA 7 tanpa diberi perlakuan media komik mendapatkan nilai sebesar 2156 dengan prosentase 67.4% mendapat kategori cukup baik sehingga disimpulkan ada perbedaan rata-rata minat belajar siswa. Pengaruh penggunaan media komik terhadap minat belajar siswa pada kelas XI MIPA 6 berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai thitung > ttabel sebesar 6.013 > 1.999, sehingga penggunaan media komik berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Kata Kunci: Komik, Media Pembelajaran, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:40
Last Modified: 17 Nov 2022 03:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7407

Actions (login required)

View Item View Item