ANALISIS KEMAMPUAN INTERPRETASI MATEMATIK PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BELAJAR GRASHA DAN REICHMANN

BILKIS, CAHAYA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN INTERPRETASI MATEMATIK PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BELAJAR GRASHA DAN REICHMANN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Surat Keterangan.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian.pdf

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Lampiran 1 Daftar kode dan gaya belajar peserta didik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK CAHAYA BILKIS. 2022. Analisis Kemampuan Interpretasi Matematik Berdasarkan Gaya Belajar Grasha dan Reichmann. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan think aloud yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan interpretasi matematik peserta didik berdasarkan gaya belajar Grasha dan Reichmann. Kemampuan interpretasi matematik adalah kemampuan dalam menjelaskan informasi atau memaknai masalah matematika serta mengubah kedalam bentuk lain baik dalam bentuk tabel, diagram, simbol, dan gambar serta menyimpulkan hasil dari masalah yang diberikan. Gaya belajar Grasha dan Reichmann adalah gaya belajar yang menggambarkan interaksi peserta didik baik dengan guru maupun teman sebayanya selama proses pembelajaran. Penelitian ini mengambil 6 peserta didik sebagai subjek terpilih yang mewakili setiap dimensi gaya belajar Grasha dan Reichmann. Metode pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar Grasha dan Reichmann, tes kemampuan interpretasi matematik, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini mengacu kepada aspek kemampuan interpretasi matematik dengan masing-masing aspek memiliki indikator yang didasarkan pada gaya belajar model Grasha dan Reichmann yang dimiliki peserta didik. Aspek kemampuan interpretasi matematik yaitu (1) memahami masalah yang telah diberikan dengan indikator mampu memahami apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, mendeskripsikan permasalahan dan menyampaikan rencana penyelesaian, (2) mengubah informasi ke dalam bentuk lain dengan indikator mampu mengubah informasi ke dalam bentuk lain dan menjelaskan jawaban yang telah dituliskan, (3) menyimpulkan hasil dari masalah yang diberikan dengan indikator mampu menuliskan kesimpulan dan menjelaskan secara efisien. Peserta didik dengan gaya belajar independent mampu memenuhi aspek kemampuan interpretasi matematik yang ke (2) dan (3), peserta didik dengan gaya belajar dependent mampu memenuhi keseluruhan aspek kemampuan interpretasi matematik, peserta didik dengan gaya belajar collaborative mampu memenuhi aspek kemampuan interpretasi matematik yang ke (2) dan (3), peserta didik dengan gaya belajar competitive mampu memenuhi aspek kemampuan interpretasi matematik yang ke (2) dan (3), peserta didik dengan gaya belajar avoidant tidak mampu memenuhi keseluruhan aspek kemampuan interpretasi matematik dan peserta didik dengan gaya belajar participant mampu memenuhi keseluruhan aspek kemampuan interpretasi matematik. Kata Kunci : Kemampuan Interpretasi Matematik, Gaya Belajar Grasha dan Reichmann

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 11 Nov 2022 08:58
Last Modified: 11 Nov 2022 08:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7365

Actions (login required)

View Item View Item