PEMASARAN BAYAM ORGANIK DI PT. TANI ALAM LESTARI INDONESIA

FIRMANSYAH, MUHAMMAD (2022) PEMASARAN BAYAM ORGANIK DI PT. TANI ALAM LESTARI INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (105kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

ABSTRAK PEMASARAN BAYAM ORGANIK DI PT. TANI ALAM LESTARI INDONESIA Oleh Muhammad Firmansyah 175009087 Dosen Pembimbing: H. Unang Eri Cahrial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi pemasaran, margin pemasaran dan farmer’s share bayam organik di PT. Tani Alam Lestari Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Tempat penelitian di Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian ini menunjukkan: terdapat 3 saluran pemasaran bayam organik, yaitu: saluran pemasaran I: produsen - konsumen, saluran pemasaran II: produsen - pedagang penegecer - konsumen, saluran pemasaran III: produsen – pedagang pengumpul - pedagang pengecer - konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu; fungsi penjualan, pembelian, pengangkutan, sortasi, penanggungan risiko, dan informasi pasar. Total margin pada saluran pemasaran II yaitu Rp. 4.000/Kg dan total margin pada saluran pemasaran III yaitu Rp. 7.000/Kg. Persentase biaya pemasaran pada saluran pemasaran II yaitu 35 persen dan pada saluran pemasaran III 30 persen. Persentase keuntungan pada saluran pemasaran II sebesar 65 persen dan pada saluran pemasaran III sebesar 70 persen. Farmer’s share pada saluran pemasaran II sebesar 81,82 persen dan pada saluran pemasaran III sebesar 70,83 persen. Efisiensi saluran pemasaran secara indeks efisiensi teknis saluran yang efisien adalah saluran pemasaran II sedangkan secara indeks efisiensi ekonomis saluran yang efisien adalah saluran pemasaran III. Kata Kunci: Saluran, margin, pemasaran, bayam organik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 11 Nov 2022 08:58
Last Modified: 11 Nov 2022 08:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item View Item